Jenis Kelamin adalah…….?

Penggolongan jenis kelamin biasa dipergunakan bagi makhluk hidup terutama yang bergerak. Jenis dari makhluk hidup yang bergerak ini terbagi atas manusia dan binatang. Fungsi dari jenis kelamin tersebut untuk memberi tanda bahwa makhluk tersebut mempunyai jenis kelamin (♂) atau (♀). Pengklasifikasian jenis kelamin tersebut dibedakan atas “jenis kelamin untuk manusia” dan “jenis kelamin untuk binatang”. Padapenggolongan “jenis kelamin untuk manusia”, leksem laki-laki mempunyai sinonim
yaitu “pria”, “cowok”, “perempuan”, “wanita”, “feminim”, dan “maskulin”. Sedangkan pada penggolongan “jenis kelamin untuk binatang’, leksem “jantan” mempunyai sinonim antara lain : “jago”, “betina”, dan “babon”.

Leksem “jantan” memiliki pembagian kelompok jenis kelamin sebagai binatang yang mempunyai jenis kelamin (♂) dan binatang yang mempunyai jenis kelamin (♀), leksem tersebut merupakan bagian dari “binatang yang mempunyai jenis kelamin (♂)”. Leksem tersebut mempunyai antonim leksem “betina” sebagai leksem yang mempunyai makna ‘binatang yang mempunyai jenis kelamin (♀)’. Kedua leksem tersebut dipergunakan sebagai penanda “jenis kelamin” bagi binatang. Pada leksem “laki-laki”, mempunyai komponen yang mengarah pada penggunaan leksem sebagai penanda “manusia yang mempunyai jenis kelamin (♂)”. Makna dari leksem tersebut mempunyai sinonim dengan leksem “pria”, “cowok”, dan “maskulin”. Dalam penggunaan untuk membedakan jenis kelamin pada manusia “, leksem “laki-laki” mempunyai antonym yaitu: leksem “perempuan” dan leksem “wanita”. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: